Pilih Laman

Luhak Lima Puluh Kota terbagi atas 3 daerah yaitu: luhak, ranah, dan laras. Yang dinamakan luhak adalah pemerintahan laras nan buntar sehingga Simalanggang hilir terus ke Taram. Yang dinamakan ranah yakni pemerintahan Laras Batang Sinamar sehingga Simalanggang mudik dan kehilirnya ranah Tebingtinggi dan kemudiknya Mungkar. Yang dinamakan laras adalah Laras nan Panjang sehingga Taram hilir kemudiknya Pauh Tinggi.

Luhak Lima Puluh Kota

Luhak

Yang masuk bahagian luhak adalah: Suayan, Sungai Belantik, Sarik Lawas, Tambun Ijuk, Koto Tangah, Batu Hampar, Durian Gadang, Babai, Koto Tinggi, Air Tabit, Sungai Kemuyang Situjuh Bandar Dalam, Limbukan Padang Kerambil, Sicincin, dan Aur Kuning, Tiakar, Payobasung, Mungo, Andalas, Taram, Bukit Limbuku, Batu Balang, dan Koto nan Gadang.

Ranah

Sedangkan ranah adalah: Ganting, Koto Lawas, Suliki, Sungai Rimbang, Tiakar, Balai Mansiro, Talago, Balai Talang, Balai Kubang, Taeh Simalanggang, Piobang, Sungai Baringin, Gurun Lubuk Batingkap, Tarantang, Sarilamak, Harau, Solok Bio-bio (Padang Lawas).

Baca Juga:  Pusaka Ditolong di Minangkabau

Laras

Kemudian laras adalah: Gadut Tebingtinggi, Sitanang Muaro Likin, Halaban dan Ampalu, Surau dan Labuah Gunung.

Luhak Menurut Wikipedia

Luhak adalah wilayah konfederasi dari beberapa nagari di Minangkabau yang terletak di pedalaman Sumatra Barat. Wilayah ini merupakan wilayah pemukiman awal penduduk Minangkabau yang dikenal dengan istilah Darek (bahasa Indonesia: darat) untuk membedakannya dengan wilayah rantau Minangkabau, baik Rantau Pasisie di sepanjang pantai barat Sumatra maupun Rantau Hilia di wilayah Riau dan bagian barat Jambi. Dalam Tambo Alam Minangkabau luhak memiliki makna kurang atau berkurang.

Luhak Lima Puluh Kota bagian dari Luhak Nan Tigo

Terdapat tiga luhak di Minangkabau, yaitu:

  1. Luhak Tanah Data yang meliputi kabupaten Tanah Datar, kabupaten Sijunjung, kota Padang Panjang, dan kota Sawahlunto sekarang.
  2. Luhak Agam yang meliputi kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi sekarang.
  3. Luhak Lima Puluh Kota yang meliputi kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh sekarang
Baca Juga:  Upacara Batagak Penghulu di Minangkabau